Sejarah perkeretaapian di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij" (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867. Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen-Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh dengan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 km, tahun 1870 menjadi 110 km, tahun 1880 mencapai 405 km, tahun 1890 menjadi 1.427 km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 km.
Selain di Jawa, pembangunan rel KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), [[ ]] (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawesi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang-Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, juga pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang lebih 901 km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis jalan rel KA di Indonesia dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang memperkerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro - Pekanbaru.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam "Angkatan Moeda Kereta Api" (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada ditangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperkenankan lagi campur tangan dengan urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya "Djawatan Kereta Api Republik Indonesia" (DKARI).
Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) namanya diubah sejak tanggal 15 September 1971 menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Pada tanggal 2 Januari 1991, PJKA diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka), dan sejak tanggal 1 Juni 1999 menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero).
sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/sejarah-perkeretapian-indonesia.html
Arsip
-
▼
2010
(110)
-
▼
November
(55)
- Melihat Karakter Cowok Berdasarkan Rokoknya
- Komputer Baru Untuk Anggota Dewan
- Asal Muasal Penyakit AIDS
- Mobil Terbang Akan Segera di Jual Bebas Tahun 2011
- Tifatul Sayangkan Industri TI Tak Dilirik
- Perlukah Indonesia Beralih dari Agraris?
- Nyata, Robot Octopus di Film Spiderman
- Peneliti Temukan Pil Pencegah HIV
- Dua Pemuda Penggagas Slogan "Pray For Indonesia"
- Penemu Indonesia Yang Patut Kita Ingat Dan Banggakan
- Ini Dia Orang Yang Menemukan Hipnotis
- Foto-Foto Pentas Budaya Indonesia di Hungaria
- 10 Cara Menemukan Kekasih Hati Anda
- Sejarah Penting Dibalik Penemuan Kacamata
- Kalau Pikun Minumlah Kopi Atau Teh Pahit Setiap Pagi
- NASA Teliti Kehidupan di Luar Angkasa
- 20 Fakta Unik Dan Lucu Antara Laki-laki & Perempuan
- China, Surga Bagi Para Hacker
- Rp448M Bagi Proyek Luar Angkasa SpaceX
- AS Luncurkan Satelit Mata-Mata Terbesar
- 3 Perusahaan Jepang Ingatkan Dampak Film 3D
- INDONESIA BERPOTENSI BANGUN 30 REAKTOR NUKLIR
- INDONESIA RANKING EMPAT DUNIA DALAM PRODUKSI UDANG
- BAHAN BAKAR GAS UNTUK NELAYAN DIUJI COBA
- Sundial (Jam Matahari) Kota Baru Parahyangan
- 5 Alasan Telinga Berdengung
- Uang Logam 5000 Rupiah
- 7 Tokoh yang Terbunuh oleh Karyanya Sendiri
- Menguak sang Pemersatu Bangsa " Gajah Mada"
- Nostalgia Kejayaan Gundala
- Peneliti Israel Gali Laut Mati
- 10 Program Freemasonry Internasional
- Sejarah Singkat Kerajaan Maja Pahit
- 24 Makam Paling Bersejarah Sepanjang Masa
- 5 Alasan Komputer Wajib di Shut Down Setelah Seles...
- Da Vinci dan Picasso Sukses Karena Mengidap Disleksia
- Kenapa Ekonomi Indonesia Geser Jepang 2030?
- Berzina di Depan Umum, Lehernya Nyaris Putus di Go...
- Pecahkan Masalah Bangsa, Ilmuwan Indonesia di Luar...
- Soekarno di Mata Dunia
- 6 Dokumen Rahasia Amerika Yang Bocor di Irak
- Alat Pengendali Listrik Secara Otomatis Via SMS ka...
- Manfaat Kunyit Sebagai Penguat Daya Ingat
- Shu Mansheng, Petani yang Menciptakan Pesawat
- 8 Penemuan terbesar Dalam peradaban Manusia
- Sejarah Perkeretapian Indonesia
- Sejarah Vespa
- Sejarah-Sejarah Dunia Yang Dirahasiakan
- Cara kerja mesin-mesin yang rumit
- 6 Fakta Tentang Malaysia Yang Bahkan Tidak Diketah...
- 9 Jenis Kecerdasan Manusia
- Debu Vulkanik Lebih Berbahaya Dari Debu Biasa
- Negara Manakah Yang Paling Kaya di Bumi Ini?
- Cinta Tumbuh Dari Otak, Bukan Dari Hati
- Motivasi Hitler Membantai Kaum Yahudi
-
▼
November
(55)
Selasa
Kode Iklan

Responses to "Sejarah Perkeretapian Indonesia"