Selamat Datang Di Media Online RELOAD (Membedah yang belum terjamah dan mengukir yang mungkin belum terpikir)

Arsip

Selasa

Bagikan


Jakarta - Indonesia menempati ranking atau posisi urutan keempat di dunia, atau berada di bawah China, Thailand, dan Vietnam, sebagai negara yang terbanyak dalam hal produksi komoditas udang.

"Menurut data Food and Agricultural Organization (FAO) 2010, Indonesia menempati ranking empat dunia," kata Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Soen`an H Poernomo di Jakarta, Senin.

Produksi udang China pada 2010 diperkirakan sebanyak 1,3 juta ton, Thailand 560 ribu ton dan Vietnam 370 ribu ton.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad kepada wartawan pada Agustus 2010 telah menyampaikan bahwa pihaknya memperkirakan target produksi udang pada 2010 mencapai 350 ribu ton.

Target sebesar 350 ribu ton itu adalah setara dengan produksi udang Indonesia 2009 yang juga mencapai 350 ribu ton.

Menurut Fadel, target yang sama dengan produksi 2009 itu antara lain karena terdapat penyakit yang menerpa udang di Tanah Air yang masih belum tertangani secara penuh.

Indonesia pada 2008 pernah mencapai ranking tiga dunia karena produksi udang pada saat itu 410 ribu ton dan total ekspor mengalami kenaikan hingga 21 persen.

Indonesia sendiri telah berupaya meningkatkan jumlah ekspor dengan membuka peluang ekspor komoditas tersebut ke sejumlah negara sasaran baru antara lain Rusia, Arab Saudi dan Kanada.

KKP sendiri, selaras dengan program peningkatan produksi perikanan, telah menetapkan target produksi perikanan sebesar 22,54 juta ton pada 2014.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 16,89 juta ton berasal dari perikanan budidaya, yang salah satu komoditas unggulannya adalah udang.

Komoditas udang diproyeksikan mengalami peningkatan produksi setiap tahun sebesar 13 persen untuk udang windu dan 16 persen untuk udang vaname. Sementara produksi udang pada 2014 ditargetkan 699 ribu ton, terdiri atas 188 ribu ton udang windu dan 511 ribu ton udang vaname.



Sumber:
http://id.news.yahoo.com/antr/20101122/tbs-indonesia-ranking-empat-dunia-dalam-251e945.html
Kode Iklan

Responses to "INDONESIA RANKING EMPAT DUNIA DALAM PRODUKSI UDANG"

Write a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Text Backlink Exchanges backlink Free BackLinksMIM - Free BacklinksYour-Link http://Link-exchange.comxa.com AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkMAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVFree Smart Automatic Backlink MIM - Free BacklinksYour-Link