Selamat Datang Di Media Online RELOAD (Membedah yang belum terjamah dan mengukir yang mungkin belum terpikir)
Jumat

Bagikan

Lebih baik hidup tanpa kekuasaan tapi penuh kemuliaan dari pada hidup bergelimang kekuasaan tapi tanpa rasa kemuliaan

Politik Santun adalah sistem kehidupan yang berjalan dengan landasan akhlak mulia baik dalam skala komunitas terkecil sampai skala pengelolaan sistem kenegaraan. Kenapa menjadi penting untuk di bicarakan? Karena prilaku politik santun menjadi akar dari seluruh persoalan di negeri ini yang mesti segera di benahi.

Mungkin anda akan bereaksi kenapa harus pakai istilah politik segala sih, hidup kan bukan hanya sekedar ngurusin politik melulu? Sejatinya reaksi anda adalah reaksi kebanyakan orang dan juga saya sebelum saya akhirnya menemukan makna politik yang sesungguhnya.


Dalam Islam, politik disebut Siasah yang artinya pengelolaan, cara hidup. Orang islam mesti berpolitik, maksudnya bukan ikut – ikutan partai, jadi caleg dan lainnya, tapi mempunyai cara hidup (The Way of Life), menjalankan hidup sesuai apa yang menjadi keyakinannya. Istilah politik menjadi penting karena zaman sekarang tidak cukup anda mencapai taraf kesolehan secara personal, tapi juga harus soleh secara institusional. Untuk apa bicara kebenaran tapi takut membela kebenaran? Untuk apa terlihat mulia nan dermawan, kalau kesehariannya mengamalkan politik kodok lompat ( injak bawah - jilat atas - sikut kiri kanan)?

Politik santun akhirnya akan mencetuskan ide – ide, usaha –usaha untuk memperbaiki keadaan, memberikan yang terbaik dan yang termampu untuk orang lain. Prilaku politik santun adalah akar sekaligus buah. Akar bagi terciptanya batang yang kokoh, dahan dan ranting yang kuat serta daun yang rimbun dalam sistem kewarga negaraan kita, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat dan sejahtera.

Di katakan buah, karena politik santun adalah buah dari akhlak yang mulia. Tidak cukup karena kebiasaan, budaya apalagi etika. Kalaupun tampak manis, hanya pada permukaan, seperti pramugari tersenyum pada para penumpang. Kata ahli tasawuf “ Akhlak mulia adalah hasil dari pemahaman dan pelaksanaan ibadah yang benar. Akhlak mulia akan membuahkan rasa Ketuhanan dan kehambaan yang tinggi. Orang seperti ini akan taat, cinta dan takut pada Tuhan, jika kepada Tuhan sudah begitu maka dia akan cinta pada mahkluk dan takut melukai, sehingga dia benar - benar bermanfaat bagi manusia dan makhluk sekalian alam.”

Karena itu benar sekali jika dikatakan bahwa Sholat adalah tiang ibadah. Karena di dalam Sholat hal pertama yang kita lakukan adalah berjanji untuk menjadi hamba yang terbaik pada Tuhannya, mengakui segala kekurangannya, dan di akhir sholat ditutup dengan salam kesejahteraan bagi seluruh makhluk di kanan kirinya. Orang yang memahami sholat pasti akan soleh dan berkemajuan. Artinya jauh dari pandangan miring, bahwa orang yang sholat itu jumud, miskin dan tidak membangun.

Demikian kenapa prilaku politik santun menjadi penting. Ketika seseorang di cederai integritasnya dengan difitnah dan dihukum tanpa adanya proses hukum untuk menegakkan keadilan, maka dirinya sebagai hamba Tuhan akan menerima ketentuan apapun baik atau buruk.

Bila diberi nikmat dia bersyukur dan bersabar bila diuji. Sebagaimana layaknya seorang hamba yang menyerahkan hak atas dirinya kepada Yang maha Berkuasa, dengan keyakinan bahwa Tuhan pasti lebih tahu apa yang terbaik bagi dirinya, seraya tetap berusaha untuk menjadi orang yang paling memberi manfaat kepada orang lain dengan tetap memperjuangkan kebenaran. Dengan selalu bertaubat memohon keampunan atas semua silap dan salah agar Tuhan tidak lagi menghukumnya di akhirat nanti, tidak juga mencoba membela diri atas fitnahan yang diberikan karena sekali lagi ia yakin kuasa Tuhan lebih dari kuasa makhlukNya, artinya semua terjadi atas ijinNya dan tidak mungkin sia-sia.

Setelah bertaubat dan membaiki diri sungguh-sungguh ia akan mengatakan kebenaran bila untuk kebaikan semua, bukan untuk kepentingan dirinya. Bukan untuk menggugat pemfitnah apa lagi berdendam. Malah mendoakan musuh adalah salah satu hal yang dilakukan sebagai buah daripada ibadah yang ia lakukan.

Rasanya kita setuju jika setiap orang di negeri ini memiliki prilaku politik santun, sumbangkan kebaikan sekecil apapun, dan tak menunggu perbaikan dimulai orang lain. Mari mulai perbaiki diri sendiri. Sekarang juga.


Sumber: http://www.cbs-creative.com/2011/07/politik-santun.html

Kode Iklan

Responses to "Politik Santun"

Write a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Text Backlink Exchanges backlink Free BackLinksMIM - Free BacklinksYour-Link http://Link-exchange.comxa.com AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkMAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVFree Smart Automatic Backlink MIM - Free BacklinksYour-Link